Tuesday, April 23, 2013

Uniknya Surabaya..

Balaikota Surabaya
Hai Surabayaaa.. aku mendatangimu. Yup, Surabaya adalah sasaran ngebolang setelah Bandung dan Jakarta, tepatnya pada pertengahan Juli 2011. Sebenarnya bukan mbolang juga sih, lha wong berangkatnya barengan rombongan ke nikahan temen, cuma balek ke Jogjanya aja akunya misah. Di Surabaya ini aku main dengan banyak temen, soalnya lumayan banyak temen SMA ku yang berasal dari Surabaya dan juga yang kuliah di Kota Pahlawan ini. So, masalah nginep dan makan bisa dibilang aman terkendali *inimah sengaja

Banyak hal yang menarik dan unik yang aku temui di Surabaya. Pertama tatanan kotanya yang apik, sepanjang jalan dipenuhi tanaman, tapi herannya kok masih tetep aja panas ya. Kedua, ketatnya aturan lalulintasnya. Jadi kalau kalian naik kendaraan sendiri di Surabaya, wajib SIM dan STNK dibawa. Trus wajib patuhi aturan jalan. Sebab, polisi disana nggak segan-segan nilang sampai puluhan ribu. Tapi herannya –heran lagi- pengendara motor di Surabaya amat sangat barbar. Masak lampu belum hijau, udah banyak yang mulai jalan. Mungkin karena saking ketatnya aturan jadi semakin banyak yang melanggar kali yaaaa, eehhh.

Karena judulnya mbolang, maka aku tak menyia-nyiakan kesempatan berkuliner ria. Jadi aku nodong temenku buat nganterin aku nyicip yang namanya rujak cingur, tahu tek, dan pecel. Tinggal lontong balap yang sampai sekarang lum kesampaian, huks, penasaran kayak apa rasanya >.<

Salah satu citarasa Indonesia adalah masakannya yang khas

Selain itu, aku juga pengen ngeliat icon nya Surabaya, ya semacam Monas di Jakarta, atau Tugu Jogja di Jogja gitu. Cuma di Surabaya ini bentuk tugunya berbentuk hewan, Suro dan Boyo. Oowww, jadi ini to icon nya Surabaya, batinku dalam hati malam itu. Unik juga, cuma sayang kamera HP ku saat itu tak bisa menangkap gambar dengan jelas.
Patung Suro dan Boyo
Selanjutnya, aku juga diajak teman ngelongok sebentar ITS dan UNAIR. Bahkan aku sempet ikut kegiatan KKN nya teman di UNAIR juga. Hahahaa.. lumayan juga lho buat cuci mata, sapa tahu ada yang ganteng. Tapi kalo boleh jujur, masih beningan mahasiswa ITB, eeehhh :D. Di ITS karena malam hari jadi aku nggak begitu jelas memperhatikan gedung-gedungnya –juga nggak begitu jelas ngelongok mahasiswanya, eeh- Tapi sepanjang aku lewat kampus ini, sumpah gilak, jalannya muter-muter. Mungkin bisa jadi kalo sok-sokan kesini sendirian bisa nyasar kali ya. Sedangkan di UNAIR, kampusnya terbagi menjadi tiga, kampus A, B dan C dan letak kampus satu dengan yang lainnya rada berjauhan gitu. Kalo di Jogja kayak di UII gitu, kampusnya misah-misah.
ITS
Hal menarik dan terunik ketiga yang aku temui adalah ketika jalan-jalan di Taman Bungkul dan Taman Flora. Kenapa menarik? Karena di area kedua taman tersebut ada tulisan larangan untuk pacaran. Unik dan menarik kan?.Jujur baru pertama kali ini lho aku ngeliat tulisan larangan pacaran di tempat umum, taman pula. Kan kalo di TV tuh, orang pacaran mesti ke taman kan ya. Eh ini malah dilarang. Tapi mungkin karena area taman tersebut banyak dikunjungi anak TK dan SD, karena memang kedua taman tersebut memang didesain untuk anak-anak. Banyak sekali mainan anak seperti ayunan, jungkat-jungkit, dll. Jadi perlu diberi peringatan seperti itu, biar nggak ngajarin buruk ke anak-anak kali ya.


Anak-anak bukanlah sesuatu untuk dibentuk,
Melaiankan manusia yang harus dikembangkan,


So, mending pacaran di Mall aja Masnya, Mbaknya… Ngomong-ngomong soal Mall, Surabaya ini juga pengoleksi banyak Mall kayak di Bandung dan Jakarta. Karena sekali lagi, aku nggak suka Mall, jadi cukup dua Mall saja yang aku kunjungi, dan disana pun cuma makan. Emang aku bukan anak gaol Mall kali yaa.. hohohoho.

Lima hari sudah aku menjelajahi kota Surabaya. Sebenarnya masih belum puas, karena belum mampir pantainya, ngelongok jembatan Suramadunya, nyicip aneka kulinernya, dll. Tapi karena sudah harus kembali ke Jogja, yasudahlah, mungkin lain kali bisa berkunjung lagi. Dan pulang ke Jogja nya, aku naik kereta api, sendirian. Bye stasiun Gubeng, welcome to stasiun Lempuyangan. 
sendiri dalam kereta .__.
(=^.^=)

No comments:

Post a Comment