Wednesday, January 15, 2014

Maulid, Maulid Nabi, Maulida :)



Bolehkan hari ini aku berbahagia atas nikmat Tuhan? Aku bersyukur atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan. Perjalanan hidupku, ketersediaan kasih sayang orangtuaku, dan orang-orang terbaik disekelilingku. Rasanya sungguh tak menyangka 20 tahun lebih aku hidup didunia ini. Dengan nafas yang sama, dengan denyut nadi yang tak berubah, dan dengan detak jantung yang selalu berirama. Sungguh, nikmat Tuhan yang tak pernah bisa aku dustakan.

Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (QS. Ar-Rahman)

Dulu kala, aku selalu benci dengan namaku “kok namaku aneh si Pak,” protesku ke bapak akan namaku, Maulida Masruroh. “Mau ini atau mau itu, owww mau lidah yaa,” ejek teman-teman SD ku sambil menjulurkan lidah-lidah mereka. “Mas…masruroh! cewek kok namanya mas mas,” Ugghh sebel :( Jika sudah begitu aku langsung lari mengejar mereka. Kalau belum mendaratkan cubitan belum berhenti.



Seiring berjalannya waktu, aku semakin paham dengan arti namaku. Maulida, dalam bahasa Arab dari kata ‘maulid’ atau ‘milad’ yang berarti hari lahir atau kelahiran. Lantas hari lahir siapa yang begitu spesial di sematkan dalam namaku? Yupz, aku dilahirkan di bulan kelahiran yang sama dengan Nabi Muhammad SAW. Jika Rasulullah dilahirkan pada 12 Rabiul Awal, aku dilahirkan pada 16 Rabiul Awal. Nggak bertepatan sih, tapi bagi kedua orangtuaku hal ini merupakan keistimewaan tersendiri bisa melahirkan anaknya di bulan yang sama dengan Rasulullah. Berharap aku juga dapat mewarisi sifat-sifatnya dan keteladannya. Tapi apa daya, aku nya masih begini-begini aja, jauhhh dari sifat dan sikap rasul >.<

Sedangkan Masruroh juga berasal dari bahasa Arab dari kata ‘surur’ ‘masrurun’ ‘masruroh’ yang berarti gembira. Hal ini bisa dilihat di surat Al-Insyiqaaq ayat 9 dan 14, yang menyebutkan kata ‘masrurun’ yang artinya gembira. Akan tetapi ‘masruroh’ bisa juga diartikan sebagai ‘yang disambut hangat saat kedatangannya’.

Oleh karena itu ‘Maulida Masruroh’ dapat diartikan sebagai kelahiran yang disambut hangat dan gembira saat kedatangannya. Aaakkhhhh manis sekali ya arti namaku, hihihihi *plaaaakkk*.Harapan bapak dan ibuk juga, semoga aku ini kelak selalu membawa kehangatan dan kegembiraan. Menjadi sesosok yang bermanfaat untuk siapapun dan dimanapun. Menjadi pribadi yang ceria dan tidak mudah mengeluh. Menjadi seseorang yang disambut baik dimanapun berada karena kebaikannya (udah belum yaaaaa -___- ). Sederhana bukan? Orang tuaku nggak muluk-muluk do’anya, kata beliau jika aku pintar, cerdas, berprestasi dan kreatif itu bonus buat mereka. 

Kini aku semakin bangga dengan namaku. Aku takkan mengubah lagi menjadi Angelina atau Diana seperti cita-citaku waktu SD, yaitu kalau uda gede mau ganti nama (pliss kenapa yang dipilih nama-nama orang barat, efek pas kecil hobi nonton telenovela si -,- ). Aku tak peduli lagi dengan anggapan bahwa namaku ini ‘ndeso’ dan nggak gaul. Bagiku ‘Maulida Masruroh’ itu adalah nama terhebat. Penuh makna, penuh cinta dan penuh do’a. Cieeeehhhhhh :p

Selamat hari Maulid Nabi dan Selamat Hari Maulida, ini bulan spesial ku :* :*


(=^.^=)
Molmol
14 Januari 2014, 16:43

No comments:

Post a Comment