Wednesday, August 20, 2014

Ketika kamu dikira pembantu dirumahmu sendiri -_-



Seperti biasa, aktivitas dirumah setiap pagi tu nyapu, ngepel, buka jendela terus beres-beres dapur. Sekitaran pukul 8 pagi, pas akunya lagi nyuci piring tetiba ada yang gedor pintu garasi dengan teriakan kenceng “kulonuwun Bu” Permisi bu. Karena suara perempuan, aku pun bermaksud membukakan pintu dengan tidak ganti pakaian (baca : pakai baju yang menutup dan jilbab).

Begitu pintu ku buka, tampak sosok perempuan paruh baya dengan dress pink dan sedikit polesan dimukanya. Aku pun menanyakan apa maksud kedatangannya. Lalu dia pun menjawab “mbak, ngendikake sek gadhah dalem kulo nyuwun artone” mbak, kasih tahu yang punya rumah saya minta uangnya. What???????? Kaget dua kali lipat sekaligus. Pertama, ibu-ibu dengan dandanan menterang ini ternyata pengemis. Yang kedua, aku dikira pembantu. Mimpi apa aku semalam -___-


Emang si, aku menemui itu tamu cuma pakai boxer pendek plus kaus oblong dengan rambut tergerai acak adut. Dan kalau dibandingin dengan si “tamu” tersebut, tampangku lebih kucel dan gembel daripada dia. Tapi apa iya si, aku nampang seperti pembantu. Oh em ji helllooooooooo.

Lalu aku pun menjawab “waduh, nyuwun ngapunten kulo mboten ditinggali arto kaleh sek gadhah dalem,” waduh, maaf saya tidak ditinggali uang sama yang punya rumah. “yowes mbak nggo duitmu wae,” yaudah mbak pake duitmu saja. Yaampun maksa amat. Aku pun masih tetep berjibaku untuk tidak ngasih apa-apa. Bukan karena pelit cui, tapi ngelihat dari tampangnya aja udah ngecurigain begitu.

Ibu pernah cerita, katanya dulu pernah ada orang minta-minta tapi tampangnya kece dan bawa temen. Ngomongnya minta baju. Pas ibu ke kekamar ngambil baju, ehh si orang minta-minta itu udah masuk-masuk ruangan buat nonton tivi. Begitu ibuku keluar kamar dan ngedapatin si orang tersebut langsung sama ibuku bajunya dikasihin biar tu orang langsung pulang. Eh si orang tu bilang “saya nggak jadi minta baju” terus pergi begitu aja. Aneh kan?


Nah, kalau umpama itu orang yang dateng adalah orang yang sama kayak yang ibuku bilang. Secara, dari dandanan dan cara ngomongnya aja udah aneh. Bisanya kalau orang minta-minta tukan melas. Lha ini malah judes dan terkesan memaksa. Bisa-bisa aku lagi ngambil duit tu orang udah gentanyangan dirumahku aja. Mana pas dirumah sendirian pula. Huff. Nggak papa deh dikira pembantu. Yang penting rumah selamat. So, untuk teman-teman yang uripe selo dan pagi-pagi masih di kontrakan atau dirumah, waspada aja deh. Siapa tahu hal serupa ada disekitaran anda. (=^.^=)

No comments:

Post a Comment