Tuesday, September 17, 2013

Istana Cipanas #Edisi KL

Istana Cipanas. Terlintas saat melewatinya begitu megah dan indah, menjulang mempesona dibalik pagar yang tinggi. Mungkinkah saya bisa masuk kesana tanpa birokrasi yang belibet? Sebab untuk mengunjungi istana tersebut diharuskan konfirmasi minimal H-3 dengan surat izin berkunjung. Huff

Suatu hari saya iseng mengirim sms ke Om saya (sepupu bapak) yang berada di Jakarta mengabarkan kalo saya ada di Cipanas, dan kalo memungkinkan saya ingin berkunjung ke Jakarta untuk menghabiskan akhir pekan. Tak disangka tak diduga, Om saya yang bekerja di salah satu bagian Istana Negara tersebut bilang bahwa beliau ada pertemuan dengan karyawannya di Istana Cipanas. Beliau mengatakan saya tidak usah ke Jakarta, ketemu saja di Istana Cipanas. Woowwwww :o

Akhirnya, pada hari Jum’at tanggal 27 Januari 2012 saya bisa mengunjungi Istana Cipanas yang membuat saya penasaran. Sebab, Istana Cipanas merupakan salah satu dari 5 istana milik Negara yang memiliki hutan dan dan panaroma yang begitu indah. Oleh karena itu Istana ini digunakan oleh Ibas putra Presiden SBY sebagai tempat resepsinya dengan Alya putri Hatta Rajasa.

Setelah jam kantor usai (jam 15.00) saya pun segera mempersiapkan diri untuk berkunjung ke Istana dan bertemu Om saya. Tapi mengingat telepon Om semalam, saya menjadi urung diri untuk berkunjung kesana. “nduk, jangan lupa ya, jangan pake celana jins dan sandal, soalnya ada acara resmi”. Oh God, mana ada saya bawa baju resmi dalam rangka KL ini. Dengan bersusah payah akhirnya saya menemukan pakaian (yang menurut saya) pantas untuk menghadiri makan malam bersama pejabat dan karyawan Istana Negara.

dan taarraaaa... jadilah pakaian begini yang saya pake -___-"

Begitu turun dari ojek saya pun melangkah menuju gerbang masuk Istana tersebut. Sempat deg-degan juga, ngeliat satpam yang jaga begitu menyeramkan. Melihat baju yang saya pakai pun sebenarnya tidak percaya diri juga. Boleh masuk nggak yaa >.< tapi mengingat waktu mulai maghrib saya pun segera memberanikan diri ‘menghadapi’ para satpam tersebut. Setelah mengetahui tujuan saya, saya pun depersilahkan masuk untuk menemui Om saya.

Makan malam pun dimulai. Saya pun mendapat kehormatan untuk duduk bersama perjabat negara. Nah ini dia tantangannya, saya yang biasa makan dengan seenak jidat, kali ini saya harus menjadi putri raja yang makan harus dengan kalem. Semeja yang isinya 5-6 orang pun hanya makan dalam hening. Tak ada suara piring beradu dengan sendok, tak ada obrolan menarik, semua diam. Makanan enak pun jadi terasa hambar teman-teman :| Om saya pun mengetahui ketidaknyamanan saya, akhirnya saya dipindahkan di meja tempat para karyawan duduk. Nggak jauh dari meja-meja VIP tersebut. Alhamdulillah, bisa makan dengan nyaman.

Oya, saya disini menginap teman-teman. Begitu beruntungnya bukan. Jadi malam itu saya menikmati malam yang indah di Istana. Ya, sekali-kali ngerasain tidur di tempat yang mewah, meskipun hanya tidur diruang khusus pengawal. Jadi di Istana ini ruang inap terbagi menjadi beberapa bagian. Ada ruang khusus presiden, ada ruang khusus wakil presiden, ada ruang khusus anak-anak presiden dan wakilnya, ada ruang khusus pejabat-pejabat lainnya dll. Dimana setiap ruangan tersebut dibelakangnya terdapat ruangan khusus untuk pengawal. Dan saya tidur diruang khusus pengawal di ruang untuk anak-anak presiden dan wakilnya. Sebenarnya saya diajak tidur diruang yang sama dengan Om saya, yaitu diruang khusus pejabat, bersama teman-teman perempuannya Om. Akan tetapi saya lebih memilih tidur bersama karyawan Om yang notabene masih muda-muda. Jadi kalau diajak ngobrol nyambung. Hohohoho

Pagi hari yang indah. Setelah sarapan saya ditemani karyawan yang bekerja di Istana Cipanas untuk sekedar jalan-jalan dan foto-foto. Tentu saja dia yang saya suruh jadi tukang foto, hehehehe *nakal
Kurang lebih pukul 09.00 saya segera pulang ke kosan ditempat saya KL, karena sudah ada janji mau jalan-jalan ke Taman Bunga Nusantara bersama teman-teman KL. Akhirnya saya bisa merasakan jalan-jalan di Istana Cipanas lagi, semoga besok-besok saya di ajak nginep di istana-istana yang lainnya sama Om *nglunjak :p :p :p

air mancur belakang ruang khusus presiden
ruang duduk di belakang ruang khusus presiden *tempat ini langsung mengarah kolam gambar atas

tampak depan di ruang khusus anak-anak presiden

tampak belakang ruang khusus anak-anak presiden, dan depan saya pas adalah tempat yang saya buat tidur

tempat tidur di ruang khusus anak-anak presiden *tempat tidur Ibas-Alya pas nikah

ruang keluarga di ruang khusus anak-anak presiden

tempat makan di ruang khusus anak-anak presiden