Wednesday, June 11, 2014

Fokus dan Rileks


mantra yang saya tulis di dinding samping meja belajar :D

Adalah mantra pengontrol keseimbangan diriku saat ini. Mengapa dinamakan mantra, apakah ini semacam sihir? Oh jelas tidak. Ini fokus dan rileks, bukan abracadabra1 atau pun expeliarmus2. Dinamakan mantra karena fungsinya menyerupai mantra sihir, dapat mempengaruhi seseorang sesuai dengan mantra yang diciptakan. Lalu, apa mantra pengontrol itu?


Mantra pengontrol, menurutku adalah sebuah ucapan yang ditujukan untuk seseorang ketika sedang berada dalam kondisi labil. Dimana kondisi itu akan menjadi buruk jika tidak segera dihentikan. Karena setiap orang pasti punya titik dimana akan terjadi ketidakstabilan dalam dirinya. Misalnya, cepat marah, kalau ngomong terputus-putus, kalau ngomong cepet, suka bohong, panik, over style, dll. Oleh karena itu sebagai teman dekat wajib mengingatkan. Tetapi, terkadang mengingatkan panjang lebar tidak akan berpengaruh kan?

Nah itulah fungsi dari mantra pengontrol. Tanpa banyak kalimat yang diucapkan, tetapi pengaruhnya seperti sihir. Langsung dapat dirasakan. Contohnya seperti saya saat ini. Saya tipikal orang kalau ngomong seperti diburu-buru, sehingga kadang-kadang omongan saya loncat kesana kemari. Teman-teman saya banyak yang menyadari hal ini. Berkali-kali dinasihati kalau ngomong suruh pelan-pelan. Tetapi tetap saja tidak mengena. Hingga suatu ketika, oleh guru yoga saya dibilang “Fokus Moly..Fokus. Rileks.” langsung tanpa babibu omongan saya menjadi pelan. Raut muka saya berubah dan menjadi sedikit santai.

Oleh karena itu mantra pengontrol saya saat ini adalah fokus dan rileks. Hal ini berlaku untuk keseharian saya juga. Tidak hanya cara berbicara saya yang kadang nggak fokus dan terburu-buru. Tetapi dalam keseharian saya seperti sedang melakukan suatu hal. Misal, saya sedang menulis. Kadang-kadang dipikiran saya sudah sampai kesana kemari tetapi yang diketik masih jauh dari apa yang saya pikirkan tersebut. Alhasil kalimat demi kalimat tidak sinkron dan amburadul. So, saat itulah saya bilang kediri sendiri untuk fokus dan rileks. Dan ini berpengaruh sekali dalam keseharian saya.

Lantas, bagaimana kamu mengetahui mantra mu sendiri? Adalah ketika kamu diucapkan sebuah kata oleh temanmu yang sifatnya bertolak belakang denganmu dan kamu langsung sadar. Itu adalah mantra kamu. Tanyakan pada mereka, apa yang mereka lihat dari kamu. Kondisi tidak stabil apa yang sering kamu lakukan. Sehingga kamu minta mereka untuk membuatkan satu atau dua mantra yang tepat untuk kamu. 

Misalnya, kamu adalah orang yang gampang panik dan bingungan. Lalu tiba-tiba temanmu bilang ‘santai..semua pasti bisa dikerjakan’ dan kamu langsung tenang, berarti mantra itu cocok buat kamu. Bila kamu diucapkan mantra tersebut dan kamu masih ngedumel, berarti itu bukan mantra kamu. Gampang saja, jika diucapkan mantra ada perubahan pada raut wajah berarti mantra itu cocok buat kamu.

Bilang pada teman-temanmu. Atau relasi kerjamu. Jika kamu lagi dalam kondisi labil seperti itu minta mereka mengucapkan mantra mu. Lihat seberapa pengaruhnya untuk kehidupan sehari-harimu. Jika memang ini baik untukmu, boleh kamu pakai ini untuk mengontrol ketidakseimbangan diri kamu. Jika tidak berpengaruh, mungkin kamu harus mencari mantra hebat lagi untuk membuat kamu lebih baik. Hehehehe..

Mantra ini tidak berlaku seumur hidup. Artinya, ada masa dimana mantra ini tidak berfungsi untuk diri kita lagi. Mengapa? Bisa jadi karena kita telah mencapai sesuai dengan mantra kita atau justru mantra itu sudah tidak bisa mempengaruhi kita lagi (saking ngeyelnya). Dari sini kita bisa tahu kelemahan kita dan bagimana cara mengatasinya. Jika satu atau dua mantra sudah selesai dan hasilnya bagus, bisa kamu mengevaluasi diri kamu dan ingin memeperbaiki diri dalam hal apa lagi. Tapi jika tidak bagus berarti kamu belum niat untuk merubah kelemahan-kelemahanmu.

Ada yang perlu diingat. Jangan membuat mantra lebih dari dua. Sebab, jangan sampai hidupmu terbebani dengan adanya mantra-mantra ini. Cari mantra yang tepat dan berpengaruh untuk hidupmu saat ini. Dan jalani saja dulu. Seperti saya saat ini, masih hidup dengan mantra fokus dan rileks. Semoga saja pencapaian saya berhasil. Menjadi seseorang yang bisa fokus dalam mengerjakan sesuatu dan lebih santai menghadapi berbagai macam hal.

Jika kamu menemukanku dalam kondisi yang tidak seimbang, percikkan mantra untukku : FOKUS dan RILEKS. (=^.^=)


1abracadabra : mantra sihir di film Aladien
2expeliarmus : mantra sihir di film Harry Potter

No comments:

Post a Comment