Thursday, November 21, 2013

Pak Bon ku yang Hebat




Pak Bon, begitu aku memanggilnya. Beliau adalah tukang kebun di SD ku. Jangan berfikir kalau beliau adalah seorang bapak-bapak berumur lanjut usia. Beliau masih muda, umurnya kurang lebih 23an saat itu. Karena jarak sekolahku jauh dari rumah (20an menit naik motor) maka aku selalu berangkat pagi-pagi bareng bapak-ibu. Setiap pagi aku selalu mendapati beliau menyapu halaman sekolahku. Dan aku selalu menyapanya “sugeng enjang Pak. Selamat pagi Pak”, dengan riang gembira. “Sugeng enjang Ida, wes sarapan durung. Selamat pagi Ida. Sudah sarapan belum?” jawab beliau sekaligus bertanya balik. “ sampun Pak. Sudah Pak” jawabku sambil ngloyor masuk ke kelas.

Begitu pagi ku di SD waktu itu. Suatu ketika aku mendapati pagi tanpa pak Bon. Begitu juga dua hari setelahnya. Penasaran selalu melanda. Biasanya jam istirahat aku mendapati beliau duduk menbaca buku dan menulis-nulis di perpustakaan. Menemaniku yang banyak ingin tahu tentang isi buku yang tiap kali aku baca. Beliau menjelaskan dengan sabar. Padahal dia bukan guru. Dia pak Bon. Dan aku kangen beliau saat itu. Kemana dikau Pak Bon.

Hingga suatu pagi aku mendapati beliau kembali. Sapaan pagi pun kembali lagi. Aku di kelas belajar dengan semangat. Ketika istirahat tiba, aku segera ke perpustakaan. Kali ini bukan untuk membaca buku. Tapi untuk mengerjalan PR yang terlupa *diih parah banget*. Karena aku nggak mau nyontek, maka aku mengerjakan di luar kelas, dan perpustakaan adalah tujuanku (Perpustakaan kala itu masih menjadi tempat ‘asing’ buat siswa-siswa SD *miris* ). Disana ada Pak Bon yang sedang asyik baca koran.

Nggarap opo kowe Nduk. Ngerjain apa kamu Nduk?” tanya beliau ketika aku mulai mengerjakan PR ku. “PR Matematika Pak, hehe” jawabku sambil nyengir. Tanpa disangka beliau malah membantuku mengerjakan PR ku. Lalu aku pun menanyakan kenapa beberapa hari ini tidak datang ke sekolah. Kata beliau, beliau datang siang hari setelah bubaran sekolah. Sebab paginya beliau ada ujian. Ternyata beliau kuliah teman-teman, disalah satu universitas di Yogyakarta ini. Beliau bekerja sebagai tukang kebun untuk membiayai kuliahnya. Pantesan beliau pintar, selau menjawab dengan sabar jika aku bertanya tentang isi buku, membantu aku mengerjakan PR.

Mungkin saat itu aku belum paham dengan apa yang beliau alami. Bahkan mungkin saat aku di ceritakan tentang kuliah dan kerjaan beliau pun, aku belum sepenuhnya paham, karena saat itu aku masih bocah kelas 5 SD. Tapi beliau tetap bercerita kepada Ida kecil yang ingin banyak tahu ini. Bahkan beliau berpesan “akehi syukur Da, dinei wong tuo sek iseh iso ngragati,” (banyakin bersyukur Da, dikasih orangtua yang masih bisa membiayai). Subhanallah, pak Bon, engkau memberikan pelajaran berharga saat itu. Terimakasih perpustakaan kecil SD ku. Kamu telah mempertemukanku dengan Pak Bon yang hebat. (=^.^=)


17 November 2013
Untuk Pak Bon dimana engkau berada :)

No comments:

Post a Comment