Thursday, April 17, 2014

Kartun Anak



Jika saya ditanya tontonan apa yang sering saya lihat di tivi, saya pasti akan menjawab Upin-Ipin. “saya suka.. saya suka..” seperti ucapan Meimei pada film tersebut. Mengapa demikian, karena kelucuan bocah bernama Upin dan Ipin membuat pikiran saya damai. Pesan moral yang dikemas film ini sangat bagus. Ringan dan bermakna serta natural apa adanya kehidupan. Film ini ditayangkan di salah satu televisi swasta Indonesia dengan tiga kali penayangan. Setiap pagi, siang dan sore. Sehingga wajar sekali jika Upin dan Ipin menjadi daftar tontonan terbanyak saya setiap hari.


Selain Upin-Ipin, Doraemon merupakan film kartun yang wajib saya tonton. Film ini hanya di putar di tivi setiap hari Sabtu dan Minggu saja. Sehingga meluangkan waktu untuk nonton film ini bener-bener harus di bela-belain. Sehingga teman-teman saya hafal, jika janjian pergi dengan saya setiap hari Sabtu dan Minggu harus menunggu setelah pukul 9 pagi. Apa yang menarik dari film robot kucing ini?

Petualangan Nobita di Negri Hijau
Lagi-lagi saya bilang isi dari film tersebut. Jika kalian cermati film doraemon yang serial (petualangan) pasti isi film tersebut nggak lepas dari pengetahuan-pengetahuan. Seperti (saya lupa judulnya) petualangan Nobita dengan negri burung yang bercerita mengenai burung, Nobita dan dinosaurus yang menceritakan mengenai purbakala, Petualangan Nobita di Negri Hijau yang bercerita mengenai fungsi pohon dalam kehidupan, lalu ada yang bercerita mengenai persahabatan dsb. Sehingga meskipun film ini ditayangkan berulang kali di tivi saya nggak pernah bosan untuk menontonnya.

Lalu ada Shaun The Sheep, kambing konyol dengan segala kecerdasannya. Ada pula Mashaand The Bear, si kecil Masha yang imut dan usil yang selalu membuat jengkel. Tetapi meskipun menjengkelkan si Beruang coklat ini sayang sekali padanya, terbukti dia selalu menyenangkan Masha. Kemudian masih ada Larva, Spongebob dan juga Owl yang menjadi daftar film kartun anak tontonan saya sehari-hari. 
Shaun The Sheep
Masha and The Bear

Spongebob

Larva

Owl
Film-film kartun anak ini selain ringan (kecuali owl yang sadis habis) ada banyak hal unik yang tidak akan ditemui di film-film umum (semacam sinetron atau FTV). Karena dengan banyak gambar yang warna-warni dapat merangsang logika untuk bekerja. Mengapa bisa begini mengapa bisa begitu. Sehingga merangsang saya untuk selalu berimajinasi. Luas, bebas, ringan dan keren.

Orang dewasa merasa berfantasi dan berimajinasi adalah sesuatu yang konyol. Padahal, otak kita butuh sesuatu yang ringan untuk difikirkan.

Selain menggugah imajinasi berfikir kita, film kartun ini banyak sekali manfaatnya. Isinya yang ringan membuat kita rileks untuk menonton. Pesan moral yang diberikan sangat bagus. Kelucuan, keluguan dan kekonyolan karakter pemain yang disajikan sangan menghibur. Oleh karena itu sampai saat ini saya masih suka nonton film-film anak ini jika luang. Bahkan kadang menyempatkan diri untuk menontonnya. Karena untuk merangsang imajinasi, saya butuh sesuatu yang berimajinasi pula. Salah satunya dengan menonton kartun anak. (=^.^=)

No comments:

Post a Comment