Monday, June 8, 2015

Antara Selfie dan Narsis

Sebenernya kalau sekarang ngomongin selfie udah basi banget. Bahkan orok baru lahir udah tahu selfie. Iya nggak? Kalau belum tahu, ni aku kasih tahu. Selfie itu adalah foto diri sendiri yang di ambil sendiri menggunakan kamera. Jadi kalau ReMo sedang foto sendirian tapi di fotoin teman itu namanya bukan selfie.

Udah jadi fenomena setiap insan punya jiwa untuk memfoto dirinya sendiri. Terbuktikan di IG (instagram) banyak sekali orang berfoto selfie. Tapi perlu diketahui ReMo sekalian, bahwasanya selfie yang berlebihan bisa mengakibatkan kita tumbuh menjadi pribadi yang narsis. Tahu kan apa itu narsis. Narsis itu adalah penyakit. Lhah kok bisa, sakit apanya? Ya sakit jiwanya lahhh.


Menurut beberapa artikel yang aku baca, narsis itu berasal dari kata narsisisme atau narsisme. Sebuah perasaan cinta terhadap diri sendiri yang berlebihan. Setiap manusia memang memiliki sifat ini di dalam dirinya. Kalau nggak punya nggak mungkin kan kita memiliki rasa percaya diri. Hanya saja, jika kita memiliki sifat narsis yang berlebihan dampak yang terjadi kita bisa menjadi pribadi yang sombong dan merasa dirinya lebih hebat daripada yang lain. 

Lalu apa hubungannya sama selfie dan narsis? Kebetulan antara selfie dan narsis udah ada ikatan pertunangan. Jadi hubungan mereka sekarang menjadi dekat. Sedekat lem sama perangko. Serius nih. Berlebihan selfie yang di upload di sosial media membuat kita sering bertanya-tanya, emang nggak punya temen ya kok fotonya selfie muluk. Nahlo, itu baru komentar. 

Karena dengan selfie kita bisa melihat diri kita (terutama wajah) saat itu seperti apa. Bahasa mudahnya 'aku cantik/ganteng nggak sih saat ini?' atau 'tampangku kayak apa sih sekarang?'. Sebab, kebanyakan orang selfie tu selalu bertampang cantik/ganteng, imut, manis atau keren. Jarang kan orang selfie dengan wajah nggak jelas kayak foto di bawah ini. 


Selfie bisa lebih puas karena hanya melibatkan kamera dan diri kita sendiri. Oleh karena itu, untuk ReMo yang suka selfie, sudah sejauh mana anda narsis terhadap wajah anda sendiri? jangan sampai kalian jadi pribadi yang narsis yak.... Menghargai orang itu juga perlu, salah satunya adalah minta tolong teman kalian untuk memfoto diri kalian ini. Oke, selamat siang. (=^.^=)

No comments:

Post a Comment