Saturday, June 20, 2015

Trip Jawa Timur : Masjid Aschabul Kahfi, Masjid di Dalam Goa

Hidup penuh utang? Oh No, nggak mau deh. So, nggak mau lama-lama nyimpen cerita trip Jawa Timur beberapa pekan lalu. Sekarang mumpung ada kesempatan, jadi aku ceritain. Pada jaman dahulu……ehh bukan, emang hidup jaman baheulak. >.<

Jadi cerita berawal dari ibu yang tetiba telfon (waktu itu lagi di perpus) “mbak nanti malam kita ke Jawa Timur”. Whatttt? Bagai disambar petir di tengah hari, tetiba di kasih tahu kalau malam itu mau ke Jawa Timur. Padahal sebelumnya ibu udah bilang batal eh tau-tau jadi lagi. Hufff.

Pada akhirnya, liburan Waisak awal Juni lalu aku positif menemani ibuku trip ke Jawa Timur bersama teman-teman ibuku. Perlu di garis bawahi nih, TEMAN-TEMAN IBUKU. Yang artinya hampir seluruh pesertanya adalah bapak-bapak dan ibu-ibu. Ya Allah, mimpi apa aku semalam, di saat yang lain pada cerita about suami, istri atau anaknya, aku harus cerita apa? Gak lucu kan aku ceritain tentang hobi ngesotku? -_______-

sungguh nggak percaya, bisa terjebak di antara mereka -__-"
Lalu, kami kemana aja? Cukup tempat yang simpel, tapi membuat senang para bapak-bapak dan ibu-ibu. Yaitu Masjid Aschabul Kahfi di Tuban, Maharani Zoo and Goa di Lamongan, Jembatan Suramadu dan Toko oleh-oleh di Sidoarjo (yang terakhir mah nggak bikin senang, lha wong ngabis-ngabisin duit). 




Masjid Aschabul Kahfi

Ke Masjid? Sepertinya biasa aja. Dimana-mana masjid ya masjid, tempat ibadahnya muslim. Lalu apa istimewanya masjid Aschabul Kahfi? Mengapa bapak-bapak dan ibu ini pengen banget kesitu? (FYI sampai hari keberangkatan aku nggak tau trip Jawa Timur ini kemana aja).

Tak lain dan tak bukan karena masjid ini lain dari yang lain. Yaitu letak masjid yang berada di dalam gua. Wow. Ingat surat Alkahfi dalam alqur’an? Ada cerita 7 pemuda beriman yang bersembunyi di dalam gua untuk mempertahankan keimanannya. Mereka dinamakan Askhabul Kahfi. Konon cerita tersebut menjadi inspirasi KH Subhan untuk memberi nama masjid itu.

Masjid Aschabul Kahfi terletak di Tuban, tepatnya di jalan Gedongombo, kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Didirikan oleh KH Subhan di tahun 2002 berdasarkan beberapa petunjuk. Dulu, tempat ini masih berupa bebatuan saja. KH Subhan sendiri yang mendesain dan mengarahkan pembangunan masjid yang menjadi satu dengan pondok pesantren. Hingga menjadi bagus seperti sekarang.Ya meskipun pembangunan belum final sih.



Sayang sekali, kami sampai disana masih pagi-pagi buta (pukul 03.30), sehingga tidak banyak informasi yang bisa kami dapat. Tapi ada sedikit oleh-oleh foto nih….

tampak luar
masih muka bantal :p
oya, ini foto pake timer, soalnya gak ada emak-emak yang mau motoin saya:(




Selanjutnya, cerita tentang Maharani Zoo and Goa, seperti apa?? (bersambung)

(=^.^=)

No comments:

Post a Comment